11 Agustus 2008

Keunggulan yang dimiliki ponsel bersistem operasi terbuka semisal symbian salah satunya multitasking.Fasilitas ini memungkinkan anda membuka/mengaktifkan lebih dari satu aplikasi.


Keunggulannya,tau dong.Anda dapat menikmati dua fitur lain tanpa harus mengganggu pungsi ponsel.Contohnyah layanan birggi,karna aplikasi ini harus selalu aktif,maka multitasking akan sangat diperlukan.


Tapi mengandalkan multitasking saja masih belum cukup agar anda tidak lupa menjalankan aplikasinya sewaktu ponsel di hidupkan,ponsel pun harus didukung aplikasi start up otomatis.


Contoh aplikasi lainnya yang juga memerlukan startup otomatis adalah Prayer time,aplikasi pengingat waktu sholat.Selain dua contoh aplikasi ini masih banyak lagi kegunaannya,mungkin anda sendiri mempunyai aplikasi yang di anggap perlu dijalankan secara otomatis.

Startup maupun multitasking termasuk fitur yang juga terdapat di sistem operasi yang digunakan di pc.Bedanya,Pengaturan start up di ponsel symbian bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi.


Aplikasi yang dimaksud adalah powerBoot,bikinan wireless lab,pengembang juga pembuat aplikasi sms Anywhere.Jangan kuatir, aplikasi ini gratis,


langkah langkah menggunakan powerBoot

langkah 1

download aplikasi ke ponsel.Aplikasi ini tersedia di http://www-wireless-labs-com/download/powerboot.php.


Langkah 2

Aktifkan powerboot.tampilan awalnya tentu belum terdapat konfigurasi data powerboot,jadi daftar startup pasti kosong.


Langkah 3

sekarang masukan aplikasi ke daftar startup dengan membuka menu "options"kemudian pilih item"Add installed app...


Langkah 4

Berikutnya anda akan melihat"installed Apps List"yang berisi aplikasi yang sudah terinstal di ponsel.Silahkan pilih aplikasi yang di inginkan.


Langkah 5

selanjutnya powerboot akan menginformasikan kepada anda untuk memasukan aplikasi.Pilih "ok"

sekarang "notepad"sudah dimasukan dalam daftar startup.


Langkah 6

Kembali ke tampilan sebelumnya dan anda dapat melihat aplikasi"notepad"sudah terdaftar.Tutup aplikasi powerboot dan restart ponsel.Anda akan meliliat aplikasi notepad akan aktif begitu ponsel hidup.

Anda juga dapat memasukan aplikasi dari daftar "runing Apps" (aplikasi yang berjalan) ke daftar startup.Daftar Runing Apps ini berisi aplikasi yang berjalan di memori ponsel.


Penggunaan powerboot

Aplikasi powerboot sangat kecil dan simpel.Anda dapat menonaktifkan,menghapus serta memasukan aplikasi yang ada di Runing app maupun aplikasi yang terinstal ke daftar startup.



PowerBoot versi ini hanya mendukung symbian Edition versi awal.

Have Fun

Ahmad Bagja

Tidak ada komentar: